ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Vera Krisnawati, Nila Mega Marahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan awal siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII A. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data berupa teknik tes untuk mengukur kemampuan awal siswa. Instrumen penelitian berupa tes menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam pembelajaran menulis puisi belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Penilaian hasil menulis puisi menunjukkan bahwa siswa belum memperhatikan unsur pembangun puisi, yaitu (a) kesesuaian isi dengan topik, (b) majas, (c) irama, (d) diksi, dan (e) pengimajinasian.


Kata kunci: kemampuan awal; menulis puisi


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama. Bandung.

Aminudin. 2008. Kreatif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Citralab. Tangerang.

Anggraini, Vebriyanti Dwi, Amat Mukhadi, dan Muladi. 2013. Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan. 19(2): 187—195.

Azizah. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting. Pena Ilmiah. 2(2): 136.

Easterling, Stuart. 2011. Gender and Poetry Writing in the Light of Mexico’s Liberal Victory. Mexican Studies/Estudios Mexicanos. 27(1) :97—142.

Firmansyah, D. 2017. Penerapan Metode Sugesti Imajinatif Melalui Media Musik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Dinamika. 9: 17—22.

Munib, Achmad dkk. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT Unnes Press. Semarang.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Rohayati, Etty dan Kurniawati. 2014. Optimalisasi Penggunaan Model Bengkel Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD Menulis dan Memusikalisasi Puisi. EduHumaniora. 6(2).

Utami, Anna Fuji, Dadan Djuanda, dan Ani Nur Aeni. 2016. Penerapan Permainan Bank Kata dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 201—210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.