KONSEP DIRI PENDERITA HIV/AIDS DI KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH

Wiwik Novianti, Bekti Istiyanto, Tri Nugroho Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep diri penderita HIV/AIDS yang tinggal di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah 13 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang terdiri dari 9 perempuan dan 4 laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi selama wawancara berlangsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri ODHA di Kebumen mengalami peningkatan semenjak bergabung dengan komunitas ODHA. Meskipun sempat merasa minder karena perubahan fisik yang dialami beberapa partisipan, namun mereka tetap bergaul dengan masyarakat sekitar. Awal berstatus ODHA, partisipan merasa kaget, tidak terima, putus asa dan tertekan. Namun setelah melakukan pengobatan dan ikut dalam komunitas partisipan kembali bersemangat dan mencoba berdamai dengan sakitnya. Partisipan menganggap sakit mereka adalah sebuah takdir dan jalan agar bisa menjadi manusia yang lebih baik. Partisipan berprinsip bahwa meskipun ODHA tapi mereka bisa mandiri dan tidak menjadi beban keluarga.

Kata kunci: HIV, AIDS, ODHA, konsep diri, Kebumen


Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Judul Asli: Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition Penerjemah: Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Creswell, John W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publication. California.

Rahmaningsih, Novia Dwi dan Wisjnu Martani. 2014. “Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit”. Jurnal Psikologi 41 (2) : 179-189.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.