ENGLISH FOR TOURISM : ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DESA WISATA DI BANYUMAS

Indah Puspitasari, Tri Wahyu Setiawan, Prasetyoningsih Prasetyoningsih

Abstract


Bahasa Inggris untuk pariwisata dipilih karena saat ini pemerintah sedang gencar mengembangkan desa wisata. Salah satu cara mempromosikannya adalah dengan menulis teks deskripsi desa wisata yang baik di beberapa media sosial. Mempertimbangkan alasan tersebut diatas, maka penulis merumuskan tujuan penulisan artiket ini yaitu untuk menganalisis kompetensi mahasiswa dalam menulis teks deskriptif desa wisata di Banyumas. Ada beberapa langkah penelitian yang penulis lakukan. Pertama, studi pustaka adalah metode pengumpulan data, arsip, dokumen dan juga digunakan untuk menyusun instrumen penelitian. Langkah kedua adalah melakukan analisis teks melalui indikator penilaian menulis Brown. Lima rubrik penilaian kemampuan menulis yaitu penulisan isi (content), organisasi paragraf (paragraph organization), tatabahasa (structure), kosakata (vocabulary) dan mechanics (penulisan tandabaca). Penelitian ini menghasilkan membuat kategori kompetensi mahasiswa dalam menulis teks deskriptif desa wisata di Banyumas. Kategori
itu meliputi; “sangat baik”, ‘baik”, “cukup”, “kurang” dan “sangat kurang”. Pengkategorian ini berdasarkan nilai kemampuan menulis mahasiswa. Sehingga hasil yang diperoleh, sebanyak empat mahasiswa menulis dengan “ baik”, tiga mahasiswa menulis dengan nilai “cukup” dan lima mahasiswa menulis dengan nilai “kurang” dan dua mahasiswa menulis dengan nilai “sangat kurang”.

Kata kunci : English for Tourism, desa wisata, kompetensi menulis, Banyumas, teks deskrpitif


Full Text:

PDF

References


Best, John and V.Kahn, James. 2004. Research in Education. Prentice Hall of India. New Delhi.

Cohen, Louis. 2007. Research Methods in education. Routladge Taylor& Francis Group. New York:

Harsono, Y.M.2007. Developing Learning Materials for Specific Purposes.Universitas Atma Jaya Jakarta. Journal TEFLIN 18 (2).

H. B. Sutopo.2006.Metodologi Penulisan Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penulisan. UNS Press. Surakarta.

Johnson, D. M. 1992. Approaches to Research in Second Language Learning. Longman. New York.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Online di (http://www.dikti.go.id/files/atur/KKNI/Penyusunan-LO-Prodi.pdf).

Jakarta. Diakses pada tanggal 01/10/2013

Nunan, David. 1992. Research Methods in Language Learning. Cambridge University Press. Cambridge.

Pitana dan Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi. Yogyakarya.

Snow and Kamhi-Stein. 2006. Developing a New Course for Adult Learners. TESOL Inc. USA.

Sugiyono. 2009. Metode Penulisan Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata.2006. Metode Penulisan Pendidikan. UPI dan PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.