PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MELALUI RENOVASI DAPUR PRODUKSI DAN PELATIHAN PENGEMASANPADA IKM KERIPIK TEMPE

Nur Wijayanti, Hety Handayani Hidayat, Ratna Satrian

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah menciptakan produk kripik tempe yang higienis dan bermutu dengan perbaikan tempat produksi (dapur) danmeningkatkan ketrampilan IKM mitra Yu Mudah di desa Pliken, Banyumas dalam teknik pengemasan dan design kemasan sehingga produknya lebih menarik dan marketable. Metode pelaksanaan dari pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan, serta penerapan teknologi tepat guna dapur kepada IKM Yu Mudah, yaitu pelatihan teknik pengemasan dan design kemasan dan pendampingan renovasi dapur serta hibah material untuk renovasi tempat produksi (dapur sehat).Hasildari kegiatan ini adalah dapur produksi IKM Yu Mudah sudah direnovasi dengan baik, sebagian dikeramik, dilengkapi dengan tungku hemat energi dan layout produksi yang lebih baik. Renovasi dapur produksi IKM Yu Mudah menjadikan tempat produksi lebih higienis dan sehat. Tindak lanjutnya adalah melakukan pendampingan penerapan prinsip-prinsip Good Manufacturing Practise (GMP) dan pengajuan sertifikasi PIRT. IKM Yu Mudah juga sudah dapat mengemas dengan kemasan baru yang lebih baik dan dapat menggunakan sealer. Dari hasil evaluasi pre dan post test dalam mengemas produk mengalami peningkatan, sebelum pelatihan peserta yang dapat mengemas dengan baik hanya 34 persen, sedangkan setelah pelatihan, peserta yang dapat mengemas dengan baik sebanyak 73 persen.

Kata kunci : renovasi, dapur, kemasan, keripik tempe


Full Text:

PDF

References


Chandra, B. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan.Penerbit Buku Kedokteran.Jakarta

Dwijayanti, N.R., & Purwidiani, N. 2019. Manajemen produksi kripik usus dan kripik ceker ayam pada usaha kecil menengah “NR” di Desa Sidowungu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.e-journal Tata Boga8 (1): 154-164.

Fajriyansah. 2016. Hiegiene dan sanitasi pengolahan roti pada pabrik roti paten bakery. Jurnal AcTion: Aceh Noutrition Journal 1 (2): 116-120.

Auliya, A. & Aprilia, D.N. (2016). Pengaruh hygiene pengolahan makanan terhadapKualitas makanan di Hotel Aston Rasuna Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata 2(2): 216-227.

Kurniawan, D.A & Astuti R.Y. (2018). Pendampingan Pengurusan Izin PIRT Sebagai Langkah Awal Pengembangan dan Perluasan Pasar Bagi Produk Lokal IKM Ponorogo. Khadimul Ummah Journal of Social Dedication http://dx.doi.org/10.21111/ku.v1i2.2490


Refbacks

  • There are currently no refbacks.