PEMBELAJARAN KECANTIKAN PADA SEKOLAH TERBUKA DI SMP N TERBUKA 138 CAKUNG JAKARTA TIMUR

Itchy Aliem Suryaningsih, Sitti Nursetiawati, Lilis Jubaedah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka 138 Cakung Jakarta Timur, (2) hambatan pembelajaran kecantikan, dan (3) usaha guru dalam menangani hambatan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka 138 Cakung Jakarta Timur. SMP Terbuka menjadi salah satu upaya untuk mengatasi masyarakat lulusan SD yang karena keadaan geografis dan sosial ekonomis terhambat untuk melanjutkan pendidikan ketingkat SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah siswa dan guru. Objek penelitian adalah pembelajaran Kecantikan, hambatan pembelajaran kecantikan, dan usaha guru dalam menangani hambatan pembelajaran kecantikan. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka 138 Cakung Jakarta Timur sudah sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menggunakan kurikulum 2013. Beberapa siswa pasif dalam pembelajaran di kelas. Guru berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator dalam pembelajaran kecantikan. Metode pembelajaran kecantikan yang dilakukan adalah metode demo, tanya jawab, dan latihan. Kedua, hambatan pembelajaran kecantikan yaitu, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran yang terbatas, dan sumber belajar yang terbatas. Ketiga, guru berusaha menangani berbagai hambatan pembelajaran kecantikan dengan berbagai cara salah satunya dengan memotivasi kepada siswa, mempersingkat materi pembelajaran, dan mencari sumber belajar dari berbagai sumber.

Kata kunci : Pembelajaran kecantikan, SMP Terbuka


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta.Yogyakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Panduan Pelaksanaan Penyelenggaraan SMP Terbuka.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Kusnandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru.Rajawali Press.Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif.Rosda Karya.Bandung.

Muaidi. 2016. Studi Terhadap Kebijakan SMP Terbuka. Jurnal Kependidikan Inovasi Pendidikan 8(2): 305-320.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.