PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA UNTUK MENDUKUNG “PROGRAM KOTAKU” PADA KELOMPOK PKK PERUMAHAN GRIYA SATRIA BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Titin Widiyastuti, Kartono Kartono

Abstract


Tujuan program penerapan Ipteks ini adalah untuk mendukung program “Kotaku” di wilayah kabupaten Banyumas dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota PKK dalam pemilahan sampah rumah tangga dan mengolahnya menjadi produk yang bernilai positif, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah secara benar. Beberapa permasalahan yang dapat diselesaikan melalui program ini adalah: 1) peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan sampah rumah tangga, 2) optimalisasi tempat penampungan sampah terpadu, 3) optimalisasi pemanfaatan sampah menjadi produk2 yang bermanfaat bahkan bernilai ekonomis seperti kompos, pupuk organik cair, produksi maggot untuk pakan ternak/ikan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan kegiatan dengan metode alih pengetahuan melalui ceramah, kegiatan percontohan (demplot), evaluasi dampak. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian penerapan Ipteks dapat disimpulkan bahwa kegiatan penataan lingkungan sangat mungkin dilakukan secara mandiri oleh masyarakat melalui implementasi dan integrasi dengan kegiatan PKK, telah terjadi perubahan pola hidup sehat dilingkungan Perumahan Griya Satria dengan meningkatnya pengetahuan tentang pengelolaan sampah secara benar. Dukungan terhadap program “Kotaku” yang dicanangkan oleh Pemda Kabupaten Banyumas dapat diwujudkan melalui gerakan-gerakan salah satunya adalah pengelolaan sampah secara baik dan benar oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Kata Kunci: Pemilahan sampah, PKK, program “kotaku”


Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah RI. 2012. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga. PP No. 81/2014.

Setyadi, Y. 2014. Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos. Ensiklo. Ensiklopedia Pengetahuan Populer. http://ensiklo.com/2014/07/27/mengolah-sampah-organikmenjadi-kompos/. Diakses tanggal 28 Nopember 2017.

Radar Banyumas. 2018. https://radarbanyumas.co.id/program-kotaku-untuk-kota-tanpakumuh-fokus-di-10-desakelurahan-di-banyumas/Diakses tanggal 2 Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.