APLIKASI TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUSU DI KELOMPOK MARGO MULYO, KEMUTUG BATURADEN

Kusuma Widayaka, Triana Setyawardani

Abstract


Aplikasi teknologi pengolahan susu merupakan kegiatan pengabdian berbasis penelitian yang dilakukan di kelompok pengolahan susu Margo Mulyo. Tujuan kegiatan adalah untuk alih teknologi secara sederhana untuk meningkatkan pengetahuan secara teori dan dilakukan dengan praktek untuk ketrampilan anggota. Metode pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah dan partisipasif. Ceramah dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang manfaat susu dan pengolahan susu. Metode partisipasif dilakukan dengan mengadakan praktek pelatihan. Metode eksperimen dilakukan dengan menggunakan panelis semi terlatih untuk menguji hasil produk greek yogurt secara skoring. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan metode partisipasif dengan melakukan praktek memiliki peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah, yaitu (16,154 vs 63,571 dan 58,80 %). Untuk evaluasi kegiatan keseluruhan memiliki skor kepuasan 92,6 %. Hasil pengujian sensori produk olahan greek yogurt menunjukkan bahwa 3 jenis starter yang digunakan untuk membuat greek yogurt memiliki tekstur dan tingkat kesukaan relatif sama (P>0.05) dengan rataan penilaian adalah sebagai berikut: 2.33 (agak halus) dengan penggunaan starter komersial A 20%; 2.067 (agak halus) dan tingkat kesukaan memiliki kesukaan rata-rata 1.8 sampai dengan 2.26. dengan kriteria penilaian agak disukai. Kesimpulan adalah Kegiatan praktek lebih diminati oleh peserta pelatihan, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan ketrampilan lebih tinggi dibandingkan teori. Evaluasi kegiatan menunjukkan skor penilaian tertinggi dibandingkan pelatihan teori dan praktek. Produk greek yogurt dengan tiga jenis starter komersial dinilai relative sama oleh panelis terlatih terhadap atribut tekstur dan kesukaan.

Kata kunci: ceramah, partisipasif, skoring, tekstur, kesukaan


Full Text:

PDF

References


Choi, J.,L. Sabikhi,A. Hassan andS. Anand. 2012. Bioactive peptides in dairy products. Int J Dairy 65: 1-12.

Korhonen, H. and A. Pihlanto. 2006. Bioactive peptides: production and functionality. Int. Dairy J. 16: 945-960.

Mortazavian, A.,M. Ehsani,A. Azizi,S. Razavi,S. Mousavi andJ. Reinheimer. 2008. Effect of microencapsulation of probiotic bacteria with calcium alginate on cell stability during the refrigerated storage period in the Iranian yogurt drink (Doogh). Milchwissenschaft 63: 262265.

Nagpal, R.,P. Behare,R. Rana,A. Kumar,M. Kumar,S. Arora,F. Morotta,S. Jain andH. Yadav. 2011. Bioactive peptides derived from milk proteins and their health beneficial potentials: an update. Food & function 2: 18-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.