TEKNOLOGI BIOKONVERSI SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN LARVA LALAT TENTARA HITAM (BLACK SOLDIER FLY/ BSF), HERMETIA ILLUCENS (DIPTERA : STRATIOMYIDAE)

Trisnowati Budi Ambarningrum, Endang Srimurni K., Edi Basuki

Abstract


Sampah merupakan masalah serius dan belum termanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu perlu dicarikan solusi agar sampah organik dapat diminimalisir serta menjadi lebih bernilai guna. Salah satu upaya yang bisa diterapkan di perumahan Sapphire Regency Desa Karangsalam Kidul RT 07/RW 05 adalah dengan biokonversi menggunakan larva (maggot) lalat tentara hitam(BSF), Hermetia illucens. Larva BSF dengan kemampuannya sebagai pendegradasi sampah organik dimanfaatkan untuk mengkonversi materi organik sehingga memiliki potensi ekonomi. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan masyarakat mitra tentang kegunaan lalat BSF, (2) memberi ketrampilan tentang teknologi biokonversi sampah organik rumah tangga menggunakan larva BSF, (3) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat mitra tentang pemanfaatan larva BSF sebagai pakan ikan/ternak/unggas, (4) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat mitra dalam memelihara lalat BSF, dan (5) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra tentang pemanfaatan kasgot sebagai media tanam. Metode yang digunakan adalah transfer teknologi melalui ceramah, pelatihan, pendampingan, dan demplot. Hasil kegiatan ini adalah pengetahuan mitra tentang biokonversi sampah menggunakan larva BSF meningkat sebesar 80%, ketrampilan mitra meningkat sebesar 70%, serta diperoleh produk tambahan lainnya berupa sayuran organik yang diperoleh dari budidaya menggunakan kasgot dan lele organik yang diberi makan menggunakan maggot, sehingga kegiatan ini dapat membantu dalam usaha peningkatan gizi keluarga. Kegiatan ini telah menarik minat dari masyarakat di sekitarnya, sehingga pada saat ceramah dan pelatihan mengikut sertakan warga di luar wilayah RT 7/ RW 5 Desa Karang Salam Kidul Kabupaten Banyumas.

Kata kunci :maggot, lalat, BSF, sampah, degradasi


Full Text:

PDF

References


Alvarez, L. 2012. The Role of Black Soldier Fly, Hermetia illucens (L.) (Diptera: Stratiomyidae) in Sustainable Waste Management in Northern Climates. Disertation. University of Windsor. Canada.

Diener, S., Studt Solano N.M., Roa Gutiérrez, F., Zurbrügg, C., & Tockner, K. 2011. Black Soldier Fly larvae. Waste Biomass Valorization2:357-363.

Newton, L., Sheppard, C., Watson, D. W., Burtle, G. & Dove, R. 2005. Using The Black Soldier Fly, Hermetia illucens, as a Value- Added Tool for The Management of Swine Manure. , Waste Management Programs, North Carolina State University. Available from:http://www.cals.nscu.edu/waste_mgt/smithfield_prpjects/phase2report05/cd,web%20f iles/A2.pdf. Diakses pada Juni 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.