PERAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN PANTAI MUARAREJA SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU DI KOTA TEGAL

Imam Budi Prasetyo

Abstract


Saat ini pariwisata berkembang pesat. Permasalahannya, kemajuan sebuah daerah wisata belum menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal karena masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat di kelurahan Muarareja dalam pengelolaan Pantai Muarareja. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Pantai Muarareja sampai sejauh ini dikelola swadaya oleh masyarakat lokal dalam wadah kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat membuat rasa memiliki warga menjadi semakin kuat, sehingga bisa ikut memelihara kelestarian pantai dan budaya lokal, terakhir diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kata kunci : Pantai Muarareja, Pokdarwis, Partisipasi Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Hendryantoro, Anggun. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya (Studi Di Desa Wisata Brayut Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional 20(2) : 49 – 57.

Mustangin, Desy Kusniawati, & Nufa Pramina Islami. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 2(1).

Wahyuni, Dinar. 2018. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Masalah – Masalah Sosial 9(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.