MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KELURAHAN KEDUNGWULUH KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Lilis Siti Badriah, Dijan Rahajuni, Etik Wukir Tini

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat di Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan. Mitra sasaran adalah kelompok masyarakat di 3 wilayah sampel di Kelurahan tersebut yang memiliki respon yang relatif besar terhadap program kegiatan yaitu RW 2, RW 7, dan RW 8. Program dilakukan dalam rangka memberikan solusi terhadap permasalahan mitra dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangannya. Solusi yang ditawarkan berupa peningkatan produktivitas lahan melalui budidaya tanaman secara vertikultur dan pembenahan administrasi keuangan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktek. Hasil yang dicapai bahwa budidaya tanaman pekarangan melalui teknik vertikultur dapat meningkatkan produktivitas lahan mereka. Walaupun hasilnya belum maksimal, tetapi hasil panen yang diperoleh sudah dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga masing-masing anggota kelompok dan sebagian sudah dapat dijual sehingga dapat menambah pendapatankeluarga. Dampak positif lain yang ditimbulkan adalah adanya peningkatan rasa persaudaraan, kerja sama dan menjadikan lingkungan bertambah asri.

Kata Kunci : pemanfaatan lahan pekarangan, produktivitas lahan, teknikvertikultur, pendapatan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Anwas, Oos M. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Alfabeta. Bandung.

Ariningsih, E dan H.P.S Rachman. 2008. Strategi Peningkatan Ketahanan PanganRumah Tangga Rawan Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian 6(3):239-255.

Fetterman, David and Wandersman, Abraham 2007. Empowerment Evaluation: Yesterday, Today, and Tomorrow. American Journal of Evaluation 2007;28; 179.

Nugroho, Agus Eko. 2009. The Pro-Poor Policy of Microfinance in Indonesia, Gadjah Mada International Journal of Business 11 (3): 317-340.

Rahajuni, Dian dan Lilis Siti Badriah. 2011. Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Banyumas (Studi Kasus Pada PNPM Mandiri Perkotaaan). Prosiding Seminar Nasional: Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan, Purwokerto, 23-24 Nopember 2011. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Rahajuni, Dijan; Suprapto; Lestari, Sri; dan Badriah, Lilis Siti. 2018. Model Pengelolaan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ekonomi Pada Program Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Studi Kasus Di Kabupaten Banyumas. (Laporan penelitian). Jurnal Ekuitas: Submitted.

Rokhman, Nur. 2008. Dampak Pemberdayaan UMKM Melalui Program Pendampingan (Studi Kasus Pendampingan di Sentra Aluminium Yogyakarta), Telaah Bisnis 9 (2): 145-165.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat.Refika Aditama.Bandung.

Usman, Sunyoto, 2010. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.