PENGUATAN USAHA TANIPERTANIAN TERPADUDENGAN PEMANFAATAN LIMBAHUNTUK BUDIDAYA PADI SAWAH DI KELOMPOK TANI RUKUN MAKMUR SUSUKAN SUMBANG BANYUMA

Supartoto Supartoto, Dalhar Shodiq, Nur Wahid

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah: (1) Mengintroduksikan alternatif hijauan pakan itik melalui pengendalian hama ulat Azolla microphylla (Lepidoptera gelichideae), (2) Meningkatkan jumlah peternak itik petelur yang mengusahakan itik dalam skala usaha ekonomis, dan () Meningkatan produksi padi dengan pemanfaatan air limbah kolam pertanian terpadu.. Metode pelaksanaan kegiatan yang diterapkan meliputi: penyuluhan, demplot, dan praktek dan pendampingan. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah anggota aktif Poktan Rukun Makmur Dukuhmanis desa Susukan, Sumbang, dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Oktober 2019. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) hama ulat Lepidoptera pada Azolla microphylla belum bisa dikendalikan diduga karena kondisi lingkungan desa Susukan yang cukup lembab dan kurangnya penyinaran di lokasi demplot azolla. Mengingat hijauan pakan untuk itik petelur sifatnya wajib ada sebagai sumber karotenoid untuk menghasilkan warna kuning telur yang orange, maka telah diintroduksikan hijauan pengganti yang telah diuji tumbuh baik di lokasi kegiatan, pertumbuhan sangat cepat sehingga dapat difungsikan sebagai stok hijauan pakan, dan tidak terserang hama, yaitu apu-apu (Pistia stratiotes), (2) telah diusahakan pembinaan 4 peternak itik petelur skala usaha @ memelihara 20 ekor itik petelur. Namun ternyata bibit itik yang dibagikan kurang baik, karena yang bertelur hanya 30%, terbukti dengan setelah satu peserta menyeleksi itik yang petelur yang baik, dengan hijauan pakan apu-apu ternyata persentasi itik bertelur mencapai 80-90% (25-26 ekor bertelur dari 27 yang dipelihara). Solusi yang akan dilakukan adalah dengan mengganti bibit itik petelur 3 pelaku usaha itik lainnya dengan bibit itik (bayah) baru yang baik, (3) Instalasi sistem pertanian terpadu dengan memanfaatkan air limbah kolam di bawah kandang itik untuk mengairi sawah, saat ini baru terpasang, dan belum dapat ditanami padi karena keterbatasan air karena musim kemarau yang panjang dan adanya perbaikan saluran air. Kegiatan tetap akan dilanjutkan menunggu musim hujan.

Kata kunci : Azolla microphylla, Pistia Stratiotes, Itik petelur, dan pertanian terpadu


Full Text:

PDF

References


Fish and wild life service. 2018. Water Lettuce (Pistia stratiotes) Ecological Risk Screening Summary. Fish and wild life service Web Version 2018. https://www.fws.gov/fisheries/ans/erss/highrisk/ERSS-Pistia-stratiotes-FINAL.pdf.

Little, E.C.S. 1979. HAND BOOK OF UTILIZATION OF AQUATIC PLANTS. FAO Fisheries Technical Paper No. 187. Food And Agriculture Organization Of The United Nations Rome.

Lumpkin, T. A., D. L. Plucknet . 1982. Azolla a Geen Manure : Use ABD Management in Crop Production. Westview Tropical Agriculture Series

National Research Council. 1994. Nutrient Requirement of Poultry. National Academy of Science. Washington D.C.

Supartoto, P. Widyasunu, Roesdiyanto, dan Marhaendro S., 2012. Eksplorasi Potensi Azolla microphylla dan Lemna Polyrhizza sebagai Produsen Biomas Bahan Pupuk Hijau, Pakan Itik dan Ikan. Semnas Pengembangan Sumberdaya Pedesaan dan Kearifan Lokal berkelanjutan II, 27-28 November 2012.

Supartoto, P. Widyasunu, Roesdiyanto. 2013. Pemanfaatan Azolla microphylla untuk Substitusi Pupuk Nitrogen Pada Padi Sawah dan Pakan Itik pada Sistem Pertanian Terpadu itik-Azollaikan.

Supartoto, Roesdiyanto dan Dalhar Shodiq, 2016. Kajian Pemanfaatan Azolla microphylla Sebagai Bahan Substitusi Pakan Unggas dan Ikan serta Pupuk dalam Sistem Pertanian Masukan dari Luar Rendah. Laporan Kegiatan Kerjasama LPPM Unsoed dengan Pemkab Brebes.

Supartoto, Roesdiyanto dan Dalhar Shodiq, 2017. Kaji Terap Penggunaan Azolla microphylla Sebagai Bahan Hijauan Pakan Itik di Kelompok Ternak Itik desa Gandasuli Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmiah Ultras 1 (1): 1-9. ISSN: 2613-9057.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.