PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MELALUI DRILL AND PRACTICE INSTRUCTIONAL METHOD DENGAN MEDIA ACHIEVEMENT CARDS

Ramita Kholifaturrohmah, Dyah Perwita, Syaiful Azhar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika ekonomi melaluiĀ Drill And Practice Instructional Method dengan media Achievement Cards. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman yang berjumlah 40 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap : (1) identifikasi masalah, (2) persiapan tindakan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan
interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar matematika ekonomi melalui Drill And Practice Instructional Method dengan media Achievement Cards. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: Prestasi belajar peserta didik yang lulus kriteria ketuntasan minimal sebesar 60 meningkat 12,5% dari sebelumnya 82,5% menjadi 95%; Rata-rata kelas sebelum pembelajaran melalui Drill And Practice Instructional Method dengan media Achievement Cards sebesar 65,075. Namun setelah pembelajaran melalui Drill And Practice Instructional Method dengan media Achievement
Cards, pada siklus pertama meningkat menjadi 78,55 dan pada siklus kedua menjadi 90,47.

Keywords: Prestasi Belajar, Matematika Ekonomi, Drill And Practice Instructional Method, Penelitian Tindakan Kelas, Metode Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Yrama Widya. Bandung.

Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Arikunto, Suharimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2002. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Sisdiknas. Depdiknas. Jakarta.

Rinawati. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill and Practice terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Sub Pokok Bahasan Laporan Keuangan Kelas X1 IPS SMA PGII 2 Bandung Tahun Ajaran 2013-2014)

Roestiyah NK. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sumantri, Mulyani. 2001. Strategi Belajar Mengajar. CV Maulana. Bandung.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Modul PLPG, Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Surakarta.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tafsir, Ahmad. 2007. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Yulia, Lia. 2013. Pengaruh penerapan metode pembelajaran drill and practice terhadap hasil belajar siswa. (Studi kasus pada siswa kelas X1 Akuntansi Semester Genap di SMA PGRI 1 Bandung sub pokok bahasan jurnal umum).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.