PENGAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA MANDARIN SISWA DI SMP NASIONAL 3 BAHASA PUTERA HARAPAN PURWOKERTO

Nunung Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengangkat judul “Pengajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Di SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto” bertujuan untuk : 1) Memberikan pelatihan berbasis IPTEKS dengan memanfaatkan aplikasi Kahoot secara online guna merancang kuis bahasa Mandarin yang sesuai dengan bahan ajar dan kemampuan siswa, 2) Penerapkan aplikasi Kahoot dalam proses pembelajaran dengan sistem cooperative learning atau pembelajaran kelompok, 3) Tindak lanjut pengajaran menggunakan aplikasi Kahoot guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Mandarin siswa. Program kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 7 bulan dimulai pada bulan April 2019 hingga Oktober 2019 sebagai bentuk penerapan IPTEKS berupa pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan aplikasi Kahoot. Indikator keberhasilan kegiatan ini diukur dengan kemampuan guruguru dalam merancang kuis online yang menarik dan sekreatif mungkin, serta respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Kahoot dalam proses pembelajaran. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan dengan baik. Pengajaran menggunakan aplikasi Kahoot terbukti dapat meningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Aplikasi Kahoot, motivasi, belajar, bahasa Mandarin


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Barus, Irma Rasita & Tatie Soedewo. 2018. Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (SNT2BKL). Diakses pada 26 Maret 2019. http://ojs.uho.ac.id/index.php/snt2bkl/article/download/5364/4000

Harlina, Nor, Z. M., & Ahmad, A. 2017. Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21. Seminar Serantau, 627–635. Diakses pada 26 Maret 2019 https://seminarserantau2017.files.wordpress.com/2017/09/74-harlina-binti-ishak.pdf

Kabalmay. 2002. Designing Qualitative Research. Sage Publication. London.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Ekonomi Dan Pendidikan vol. 8: 19–35.

Roriarti, Fitri & Anisa Yunita. (2017). TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “Kahoot!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Pendagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini3 (b).

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Sutirna. 2018. Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Stabilitas Nasional.Seminar Nasional Semnas Ristek. pp. 269–276.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.