REGISTER PENGRAJIN GENTENG DI DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Etin Pujihasuti, Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pembahasan bahasa register kelompok pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Adapun pembahasan dalam kajian ini meliputi dua permasalahan, 1) apa sajakah bentuk dan makna bahasa register yang digunakan kelompok pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang?, 2) bagaimanakan fungsi bahasa register kelompok pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang? Tujaan yang ingin dicapai adalah mengindentifikasi dan mendeskripsikan pemakaian bahasa, dalam hal ini bahasa register pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumasi dari aspek bentuk, makna, dan fungsi yang tampak dalam tuturan para pengrajin genteng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Adapun objek penelitiannya adalah bahasa register pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode simak. Teknik dasar yang dipakai ialah teknik sadap, sedangkan teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik simak libat cakap (SLC), rekam dan catat. Analisis data menggunakan metode kontekstual. Analisis dilakukan dalam tiga proses yaitu seleksi data, pengolahan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan makna register yang digunakan oleh kelompok masyarakat pengrajin genteng di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Fungsi bahasa register terdiri dari fungsi instrumental, fungsi konatif, fungsi emotif, fungsi informasi, dan fungsi pemecahan masalah. Register ini digunakan untuk berkomunikasi dan sebagai bentuk penggambaran kegiatan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat pengrajin genteng di Desa
Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Register ini merupakan bentuk keragaman variasi bahasa yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

Kata kunci: sosiolinguistik, variasi bahasa, register, pengrajin genteng, pancasan


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Angkasa. Bandung.

Ariyati Mufidah, Riza. 2006. Register Percakapan Penjual dan Pembeli Sepeda di Pasar Limpung Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Asim, Gunawan. 2002. Pedoman Penelitian Pemakaian Bahasa. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Chaer dan Leoni Agustin. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta. Jakarta.

Kartamihardja, Susena. 1987. Sosiolinguistik Study Tentang Bahasa dan Seluk Beluk Pengetrapannya Dalam Masyarakat. IKIP. Malang.

Listriyani, Devi. 2009. Register Kuli Gendhong Sayuran di Pasar Induk Buah dan Sayuran, Giwangan Yogyakarta. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyana. 2006. Morfologi Bahasa Jawa. Diktat. Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Nababan, PWJ. 1993. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. PT Gramedia. Jakarta.

Nurhayati, Endang. 2009. Sosiolinguistik: Kajian Kode Tutur dalam Wayang Kulit. Kanwa Publisher. Yogyakarta.

Ohoiwutun, Paul.2002. Sosiolinguitik Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Kesaint Blanc. Jakarta.

Parera, J.D. 1993. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Gramedia. Jakarta.

Pateda, Mansoer. 1990. Sosiolinguistik. Angkasasa. Bandung.

Poedjosoedarmo, Soepomo, dkk. 1979. Morfologi Bahasa Jawa. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Rahardi, Kunjana.2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Duta Wacana University Press. Yogyakarta.

-----------. 1988. Metode Linguistik Bagian II: Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Soeparno. 2003. Dasar-Dasar Linguistik. Mitra Gama Widya. Yogyakarta.

Sukasdi, 1995. Teori dan metode Linguistik III. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta.

Suwito. 1982. Sosiolinguistik Suatu Pengantar Awal. Henary Offset. Surakarta.

Wijana, Putu dan Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik Kajian dan Teori Analisis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.