PEMBERDAYAAN PETANI GULA KELAPA DI CILONGOK (Sebuah Upaya Mengatasi Krisis Regenerasi Penderes Gula Kelapa Di Kecamatan Cilongok, Banyumas)

Almira Yoshe Alodia

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk membahas fenomena krisis regenerasi penderes gula kelapa di Kecamatan Cilongok Banyumas, bagaimana upaya untuk menangani permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan Kepala Desa Sokawera dan Cilongok, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa
Sokawera, dan penderes gula kelapa, kemudian melakukan observasi, dan juga dokumentasi. Teknik penentuan informan digunakan metode purposive sampling dimana informan kunci memiliki keterkaitan erat dengan hal yang diteliti. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan triangulasi data sebagai teknik validitasnya. Hasil menunjukkan bahwa (1) pada dasarnya belum ada upaya yang dilakukan pemerintah desa setempat untuk
mengatasi krisis regenerasi penderes gula kelapa ini, (2) pihak desa tidak terlalu menjadikan masalah ini sebagai prioritas, namun lebih fokus untuk mencapai kesejahteraan petani gula kelapa yang dipercaya menjadi salah satu faktor krisis regenerasi ini secara tidak langsung, (3) mampu meningkatkan kesejahteraan petani dianggap sebagai upaya tepat juga untuk menangani masalah krisis regenerasi penderes.

Kata Kunci: regenerasi, penderes, gula kelapa


Full Text:

PDF

References


Ali, Eva Agriana. 2019. “Penderes Nira Mulai Langka di Desa Penghasil Gula Merah”.

https://www.gatra.com/detail/news/445533/ekonomi/penderes-nira-mulai-langkadi-desa-penghasil-gula-merah (diakses pada 15 Oktober 2019)

Budiningsih, S; Rahayu Tri SM; dan Mundjiyanti R. 2017. Strategi Pengembangan Wirausaha Gula Kelapa Di Perdesaan. AGRITECH. 19(2) : 74-88

Leeuwis, Cees. 2009. Communication for Rural Innovation; Rethinking Agricultural Extension, with Contributions from Anne van den Ban. Diterjemahkan oleh Bernadetta Esti Sumarah. Blackwell Publishing.

Gitosaputro, Sumaryo dan Kordiyana K. Rangga. 2015. Pengembangan dan

Pemberdayaan Masyarakat; Konsep, Teori, dan Aplikasinya di Era Otonomi.

Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hasan, Akhmad Muawal. 2017. “Indonesia Krisis Regenerasi Petani Muda”.

https://tirto.id/indonesia-krisis-regenerasi-petani-muda-cnvG (diakses 15 Oktober 2019)

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Konten website Kecamatan Cilongok Banyumas http://cilongokkec.banyumaskab.go.id/page/14809/gula-kelapa#.XbXIIugzbIV (diakses pada 14 Oktober 2019)

Kontogeorgos, Achilleas, et al. 2014. “New Farmers” a Crucial Parameter for the Greek Primary Sector: Assessments and Perceptions. Procedia Economics and Finance 14 (2014) 333 – 341.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. PT Bumi

Aksara. Jakarta.

Priyanto, Djoko. 2010. Penderes Gula Kelapa Di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Majalah Ilmiah Ekonomika 13(4) : 130 – 162.

Purwanto, Puji. 2019. “Risiko Tinggi Penderes di Tengah Manisnya Gula”.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/173699/risiko-tinggi-penderes-ditengah-manisnya-gula (diakses pada 14 Oktober 2019)

___________. 2019. “Manisnya Gula Kelapa Menembus Pasar Eropa”.

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/184441/manisnya-gula-kelapamenembus-pasar-eropa (diakses pada 14 Oktober 2019)

Suyanto, Bagong dan Sutinah (Ed). 2004. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.