MODEL BLENDED LEARNING : SOLUSI PEMBELAJARAN UNTUK GENERASI Z

Sofiatul Khotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model blended learning di SMA Negeri 1 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan model blended learning. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan SWOT (strenghts (kekuatan), weeknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman)). Hasil penelitian menunjukan bahwa informan penelitian yaitu kelas X MIPA 8 lebih menyukai pembelajaran dengan model blended learning. Hal tersebut dikarenakan dengan pembelajaran yang mengintegrasikan antara pemakaian media gawai (smartphone), edmodo, dan diskusi langsung dengan guru membuat kelas lebih hidup dan meningkatkan keaktifan dan motivasi mereka dalam belajar. Oleh sebab itu, maka dapat disimpulkan model blended learning merupakan salah satu solusi pembelajaran untuk generasi Z di era revolusi Industri 4.0.

Kata Kunci : Model Blended Learning, Generasi Z.


Full Text:

PDF

References


Afandi. M., Chamalah, E., & Wardani. Wardani, O.P. 2013. Model & Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press. Semarang. 16 pp.

APJII. 2018. Potret Zaman Now Pengguna & Perilaku Internet Indonesia! Edisi 23 – April 2018. https://www.apjii.or.id, Diakses pada 29 Oktober 2019.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta. 151 pp

BPS. 2016. Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia. http://filantropi.or.id. Diakses pada 29 Oktober 2019.

Dwiyoga, Wasis D. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT Rajawali Grafindo Persada. Depok. 59 – 60 pp.

KPPA & BPS. 2018. Statistik Gender Tematik Profil Generasi Milenial Indonesia. https://www.kemenpppa.go.id.. Diakses pada 29 Oktober 2019.

Meranti, & Irwansyah. 2018. Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi Industri 4.0 Pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 7 (1): 27-36.

Probowo, Aan., & Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan 2 (2): 1-9.

Rusman, Deni Kurniawan, & Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta. 285 pp.

Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustaka. Jakarta. 51 pp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.