LAPANGAN KERJA PERTANIAN DALAM KONSTRUKSI SOSIAL PEMUDA PERDESAAN

Maya Atri Komalasari, Lalu Wiresapta Karyadi, Dwi Setiawan Chaniago, Oryza Pneumatica Inderasari

Abstract


Seiring tumbuhnya industrialisasi hingga menjadi peluang kerja baru dan menjanjikan, membuat sektor pertanian mengalami penurunan peminat termasuk bagi pemuda. Sementara pemuda merupakan salah satu komponen kependudukan yang kontribusinya penting dalam pembangunan perdesaan. Penelitian ini bertujuan mengkaji konstruksi sosial pemuda di perdesaan terhadap lapangan kerja pertanian di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah fenomenologi, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisa data menggunkan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan minimnya ketertarikan pemuda perdesaan untuk bekerja di lapangan kerja pertanian. Sebagian besar pemuda tidak tertarik memilih pertanian sebagai pilihan mata pencaharian. Sebagian kecil pemuda yang masih mau memilih lapangan kerja pertanian namun hal itu terjadi saat dalam kondisi tertentu atau hanya menjadi pekerjaan yang sifatnya sampingan.

Kata kunci: Lapangan kerja pertanian, konstruksi sosial, pemuda, perdesaan


Full Text:

PDF

References


Berger, P. L. dan Luckmann,T.1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES.

Berger, P. L. dan Luckmann, T. 1994. Langit Suci: Agama sebagai Realitas Sosial (diterjemahkan dari buku asli Sacred Canopy oleh Hartono). Pustaka LP3ES. Jakarta.

Anonim.2018. Pengangguran di Indonesia.https://www.indonesiainvestments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/pengangguran/item255 diakses pada 20 Mei 2019 jam 15.07 WITA

Malik, N. 2013. Dinamika Pasar Tenaga Kerja Indonesia. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Nugraha, Y.A dan Herawati, R. 2015. Menguak Realitas Orang Muda di Sektor Pertanian Perdesaan. Jurnal Analisis Sosial 19 (1)

Profil Desa Gondang, 2018.

Setiawati, E dan Harmanto. 2016. Konstruksi Sosial Praktik Mengemis oleh Masyarakat Sekitar Makam Sunan Giri Kabupaten Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan 03 ( 04).

White, B.2012. Pertanian dan Masalah Generasi: Pemuda Desa, Kesempatan Kerja, dan Masa Depan Pertanian. Jurnal Analisis Sosial 17 (2) .

Yuningsih, A. 2006. Implementasi Teori Konstruksi Sosial dalam Public Relations. Mediator, 7 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.