PENGUATAN KESADARAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI AGENDA SETTING MEDIA DI KALANGAN REMAJA DI EKS KARESIDENAN BANYUMAS

Petrus Imam Prawoto Jati, Dian Bestari Santi Rahayu

Abstract


Masyarakat tidak bias dilepaskan dari media. Terdapat salah satu fungsi yang penting dari media yaitu fungsi pengaturan agenda dalam masyarakat. Dalam teori Agenda Setting dinyatakan bahwa media massa mampu untuk mentransfer dua unsur, unsur kesadaran dan unsur informasi ke dalam agenda public. Dengan demikian media mampu mengarahkan kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap isu-isu yang dianggap penting oleh media. Dewasa ini mulai mengemuka masalah global mengenai limbah, polusi, pemanasan global, perubahan iklim, yang merupakan kepentingan global dan menjadi perhatian masyarakat luas. Tujuan penelitian ini sebenarnya adalah untuk mengidentifikasi potensi media dalam mengangkat isu global yang berkaitan dengan lingkungan. Pada tahap selanjutnya penguatan isu oleh media akan berdampak pada penguatan kesadaran dan kepedulian lingkungan terhadap remaja di eks karesidenan Banyumas. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk membuat studi yang komprehensif mengenai kondisi kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan remaja di eks Karesidenan Banyumas dan kemudian dapat digunakan sebagai masukan bagi media dalam menentukan arah pemberitaannya saat menyoal lingkungan hidup dan permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja di eks Karesidenan Banyumas menyadari adalnya masalah lingkungan melalui media sosial yang mereka gunakan. Kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan remaja cukup tinggi ketika mereka mendapatkan informasi tentang isu lingkungan dari media sosial yang mereka gunakan. Namun, kesadaran ini dapat menghilang ketika ada masalah lain yang diangkat dengan intens oleh media. Dari hasil penelitian ini ini dapat disimpulkan bahwa agenda lingkungan oleh media sosial sangat potensial untuk menghasilkan dan menanamkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan remaja.

Kata Kunci : Remaja, kesadaran lingkungan, kepedulian lingkungan, agenda setting media, Sosial Media


Full Text:

PDF

References


Abulias et al.. A: 2013 Fauna Ikan Siluriformes Dari Sungai Serayu, Banjaran, dan Tajum Di Kabupaten Banyumas , Jurnal MIPA Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman. 36 (2) : 112-122.

Ada Ferrer-i-Carbonell, John Malcolm Gowdy, Environmental Awareness and Happiness.https://www.researchgate.net/publication/24125126_Environmental_Awareness _and_Happiness. Diakses tanggal 24 Agustus 2019.

Atmakusumah, I.M., & Basorie, W. 1996. Mengangkat Masalah Lingkungan ke Media Massa. LPDS & Yayasan Obor. Jakarta.

Ayun, Primada Qurrota ISSN: 23389176 Channel, Vol. 3, No. 2, Oktober 2015, Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas. Diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan. hal. 1-16 Yogyakarta

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas. 2010. Laporan Pengujian Kualitas Air dan Sumber Air Kabupaten Banyumas tahun 2010. Pemda Kabupaten Banyumas.

Coleman, S. & J. Blumler. 2009. The Internet and De mocratic Citizenship: Theory, Practice

Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. PT. Refika Aditama. Bandung.

Here,Sonia Visita Pius Heru Priyanto. (2014) Subjective Well-Being Pada Remaja Ditinjau Dari Kesadaran Lingkungan, https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.274. Diakses tanggal 15 September 2019.

Kan, Kees-Jan, Jelte M. Wicherts, Conor V. Dolan1, and Han L. J. van der Maaars. Department of Biological Psychology, On the Nature and Nurture of Intelligence and Specific Cognitive Abilities: The More Heritable, the More Culture-Dependent Psychological Science XX(X) 1–9.2013 McQuail, Denis, dan Sven Windahl. 1996. Communication Models for the Study of Mass Communication. Edisi ke-2. Longman. London.

Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Rineka Cipta. Jakarta.

Patton, M. Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods. 3rd edition. Sage Publications, Inc.

Slavnić, Danka Ninković, 2016. Agenda setting in the world of online news: New questions for new environment. Communication and Media XI(36) : 47–70.

Solso,Robert L. 2008. Psikologi kognitif. Erlangga. Bandung.

Staats, H. J., et all., 1996. Communcating the Greenhouse Effect to Public : Evaluation of a Mass Media Campaign from a Social Dilemma Perspective. Journal of Environmental Management 45 : 198-203.

Szerszynsi, B. 1991. Environemtalism, the Mass and Public Opinion. Lancaster University. UK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.