PENINGKATAN PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) MELALUI PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DI KABUPATEN PURBALINGGA

Nurani Ajeng Tri Utami, Ulil Afwa

Abstract


Kabupaten Purbaingga merupakan kabupaten yang tingkat perkawinan muda nya tinggi sehingga program PUP sangat dibutuhkan agar perkawinan dalam usia ideal perkawinan. Sebagai upaya mendukung terlaksananya program ini di Kabupaten Purbalingga di bentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah-sekolah dan desa-desaTujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaturan Program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dalam tata hukum di
Indonesia dan sebagai upaya peningkatan Program PUP di Kabupaten Purbalingga dengan PIK-R. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada pengaturan tentang PUP secara spesifik dalam peraturan tersendiri, pengaturan PUP hanya terdapat dalam pasal-pasal di berbagai peraturan
namun itu juga tidak semuanya secara eksplisit tetapi implisit. Sehingga tidak ada pedoman yang rinci. Salah satu upaya meningkatan program PUP di Kabupaten Purbalingga adalah melalui peran PIK-R yaitu diantaranya melakukan sosialisasi program-program PIK-R termasuk di dalamnya PUP dalam bentuk komunikasi, edukasi dan informasi (KIE) , melakukan konsultasi dan fasilitasi para remaja melalui pemberdayaan pendidik sebaya dan konselor sebaya, serta bekerja sama dengan Dinsos Dalduk Kb P3A dan juga tokoh masyarakat.

Kata Kunci: Pendewasaan Usia Perkawinan, PIK-R, Remaja, KIE


Full Text:

PDF

References


Direktorat Remaja dan Hak-Hak Reproduksi Remaja. 2010. Pendewasaan Usia Perkawian dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi bagi Remaja Indonesia, cet kedua. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jakarta.

Direktorat Bina Ketahanan Remaja. 2012. Materi Pegangan Kader tentang Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Remaja. cet kedua. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jakarta.

Hastuti, Puji dan Fajaria Nur Aini. 2016. Gambaran Terjadinya Pernikahan Dini Akibat Pergaualan Bebas, Jurnal Riset Kesehatan, 5 (1).

Natalia , Ika Wahyu. 2016.Strategi Komunikasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dalam Mensosialisasikan Pemahaman Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) Kepada Remaja Menuju Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 8(1).

Rakhmawati, Dini, Suwarno Widodo , Mujiyono, 2017. ANALISIS PERMASALAHAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERWAWASAN EPENDUDUKAN, Jurnal Konseling GUSJIGANG.3(2).

Syamsuddi, Aziz. 2011. Proses dan Teknik Peyusunan Undang-Undang. Sinar Grafika Jakarta.

Undang - Undang No 52 Tahun 2009 tentang Perekembangan kependudukan dan Pembangunan Keluarga

PP No 87 Tahun 2014 tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Peraturan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor : 88/PER/F2/2012 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Inforrmasi dan Konseling Remaja – Mahasiswa (PIK-RM)

Peraturan Kepala Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional Nomor 199 Tahun 2016 tentang Rencana Strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2015-2019.

https://www.bangsaonline.com/berita/25632/angka-kelahiran-pada-kelompok-usia-muda-dipurbalingga-tinggi-faktor-pernikahan-dini

http://jateng.tribunnews.com/2016/11/10/angka-perceraian-di-purbalingga-terusmeningkat-ini-sebabnya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.