PENGETAHUAN EKOLOGI MASYARAKAT BANYUMAS MENGENAI PENAMAAN BURUNG MERPATI

Erwita Nurdiyanto, Sri Nani Hati Yanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripskan bentuk, makna, dan jenis-jenis penamaan burung Merpati. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu masyarakat Banyumas yang mempunyai kesenangan dengan burung Merpati. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode cakap dengan teknik dasar teknik pancing dan teknik lanjutannya cakap bertemu muka dan cakap tak bertemu muka. Selanjutnya metode simak diwujudkan dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutannya teknik simak libat cakap. Metode agih adalah metode analisis data yang alat penentunya justru bagian dari bahasa itu. Data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah data leksikon nama-nama burung Merpati. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diinventarisasi jenis burung merpati berdasarkan jenis kelamin, ciri fisik, penyebutan local, fungsinya, warna bulu, warna mata, dan tipe perlombaan. Selanjutnya, terdapat pula istilah-istilah yang biasa digunakan dalam komunitas pecinta burung merpati di masyarakat Banyumas.


Kata Kunci : Ekolinguistik, Leksikon, Penamaan, Burung Merpati, Banyumas


Full Text:

PDF

References


Leksono, Amin Setyo. 2017. Ekologi : Pendekatan Deskriptif dan Kuantitatif. Bayumedia Publishing. Malang.

Mbete, Aron Meko. 2010. “Ekolinguitik : Perspektif Kelinguistikan yang Prospektif”. Program Magister dan Doktor Linguistik. Denpasar.

________________. 2014. “Pendidikan Bahasa Berbasis Lingkungan dalam Rangka Pembentukan Jati Diri Keindonesiaan yang Multilingual”. Proseding. Udayana University Press. Denpasar.

_________________. 2015. “Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan : Perspektif Ekolinguistik. Retorika : Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1 No. 2. Hal 352-364.

Seftyono, Cahyo. 2011. “Pengetahuan Ekologi Tradisional Masyarakat Orang Asli Jakun dalam Menilai Ekosistem Servis di Tasik Chini, Malaysia”. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 15, No. 1 (Hal 55-67).

Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press. Yogyakarta.

Subiyanto, Agus. “Ekolinguistik : Model Analisis dan Penerapannya” dalam Humanika Jurnal Ilmiah Kajian Humaniora. http://ejournal.undip.ac.id/indexphp/humanika/article/view/5939.

Suparwa, I Nyoman, 2010. Ekologi Bahasa dan Pengaruhnya dalam Dinamika Kehidupan Bahasa Melayu Loloan Bali. Fakultas Sastra Universitas Udayana. Dalam http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/ekologikp.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.