PENDAMPINGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) UNTUK PENGUATAN USAHA KECIL KAMBING DI KABUPATEN CILACAP STUDI KASUS CSR PT HOLCIM PADA KELOMPOK KAMBING MENDA SEJAHTERA

Mochamad Sugiarto, Adhi Iman Sulaiman, Lilik Kartika Sari

Abstract


Corporate social responsibility (CSR) merupakan tindakan yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di sekitar perusahaan. Tanggung jawab sosial diarahkan untuk merubah status sosial ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Kajian ini bertujuan (1) menggambarkan proses pendampingan CSR PT Holcim pada usaha ternak kambing di Kabupaten Cilacap dan (2) menganalisis nilai nilai utama dalam proses pendampingan CSR PT Holcim. Penelitian menggunakan metode studi kasus melalui pengamatan yang mendalam terhadap pendampingan CSR PT Holcim pada usaha kambing di Kelompok Peternak Kambing Menda Sejahtera Kabupaten Cilacap. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendampingan masyarakat yang dilakukan PT Holcim dilakukan secara sistematis dan terencana dengan melibatkan partisipasi peternak kambing. Keunggulan proses pendampingan yang dilakukan PT Holcim adalah keberadaan nilai emphaty dan perhatian yang dirasakan oleh peternak. Peternak kambing memberikan penilaian positif terhadap emphaty dan perhatian (attention) yang diberikan perusahaan kepada peternak. Dapat disimpulkan bahwa nilai nilai perhatian yang diberikan kepada peternak dapat menjadikan proses pendampingan berlangsung efektif dan berkelanjutan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.