TUGAS MENYALIN TEKS DOKKAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS BERBAHASA JEPANG

Yudi Suryadi, Diana Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari implementasi model penugasan menyalin teks pemahaman bacaan (dokkai) dalam mata kuliah Dokkai di Program Studi S1 Sastra Jepang FIB Unsoed, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan bahasa Jepang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research) dengan model penugasan menyalin teks dokkai sebagai perlakuannya (treatment). Subjek penelitian berjumlah 107 orang mahasiswa program studi S1 Sastra Jepang FIB Unsoed yang terdiri dari mahasiswa semester 4 angkatan 2017 dan semester 2 angkatan 2018.
Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu pemberian tes dan angket kepada mahasiswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif sehingga dihasilkan suatu kesimpulan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa dilihat dari nilai hasil tes mahasiswa semester 4 angkatan 2017 memperoleh nilai rata-rata 69, nilai tertinggi 96, dan nilai terendah 40, sedangkan mahasiswa semester 2 angkatan 2018 memperoleh nilai rata-rata 62, nilai tertinggi 94, dan nilai terendah 55. Selanjutnya, dilihat dari hasil angket yang telah diisi oleh para mahasiswa dapat disimpulkan bahwa 92,6% mahasiswa setuju dengan model penugasan tersebut, karena dengan adanya tugas menyalin teks dokkai, mahasiswa dapat lebih lancar membaca dan memahami isi teks yang telah dipelajari di kelas, dan sekaligus melatih mereka dalam membiasakan menulis huruf-huruf Jepang baik itu huruf hiragana, katakana, ataupun kanji.


Kata kunci: bahasa jepang, tugas menyalin, teks dokkai, action research


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Pokoknya Action Research.Kiblat. Bandung.

Juangsih, Juju . 2012. Pendekatan Story Telling Dalam Pembelajaran Dokkai: Penelitian Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Vol. 6 No. 2 Hal. 183-187. Jurnal Lingua Cultural. http://journal.binus.ac.id/index.php/Lingua/article/view/405

Lisdariyati. 2015. korelasi kemampuan Dokkai chuukyuu koohan dengan hasil noryoku shiken n3 mata uji Dokkai. skripsi Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Rosdakarya. Bandung.

Rasiban, L.M dan Dianasari, W. 2017. efektivitas metode peer reading dalam pembelajaran membaca pemahaman (Dokkai) -the effectiveness of peer reading method in reading comprehension (Dokkai)learning. Vol. 2 no 1 hal 9-19 japanedu: jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa jepang.

http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/article/view/6999

Soekartawi. 1995. Meningkatkan Efektivitas Mengajar.PT Dunia Pustaka Jaya. Jakarta

Suparti. 2014. Penggunaan Metode Penugasan Atau Resitasi Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III dalam memahami konsep mengenal pecahan sederhana. Jurnal Pendagogia Vol 3 No. 1 Hal. 54-66.

http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/57

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Humaniora. Bandung.

Sutedi, Dedi. 2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jepang. Humaniora. Bandung.

Trahutami, S.I. 2017. Permasalahan pembelajaran membaca chuukyuu Dokkai diperguruan tinggi. Jurnal kiryoku vol. 1 no. 4 Hal. 48-54

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/16791

Yusuf, Tayar dan Anwar, Saiful. 1997. Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.