PENURUNAN PARTISIPASI PEMUDA DESA GRENDENG DALAM KARANG TARUNA

Rizki Okta Dw Yuwanto

Abstract


Karang Taruna adalah suatu organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah wadah tempat pengembangan sosial generasi muda khususnya generasi muda yang ada di suatu wilayah desa. Tujuan didirikannya Karang Taruna untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja yang ada di dalam suatu desa atau wilayah itu sendiri. Dengan wadah tersebut diharapkan generasi muda mempunyai rasa tanggungjawab yang besar terhadap diri sendiri, sosial dan masyarakat. Namun, pada kenyataannya masih banyak pemuda yang tidak peduli atau tidak tanggap oleh kegiatan-kegiatan pemuda. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa partisipasi pemuda dalam organisasi karangtaruna. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan analisis triangulasi. Lokasi penelitian di Keluragan Grendeng. Hasil dari penelitian menunjukan (1) remaja-remaja disibukan dengan kegiatan sekolah sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk organisai (2) globalisasi mengakibatkan tingginya minat remaja untuk menuntut ilmu diluar kota sehingga jumlah remaja berkurang (3) pemuda sibuk bekerja dan merantau keluar kota (4) munculnya induvidualis budaya individualistis di kalangan remaja (5) resistensi antara remaja dengan karang taruna sendiri terkait dengan program yang “ketinggalan jaman” tidak senada dengan remaja millennial saat ini.

Kata Kunci : Remaja, Pemuda, Karangtaruna, Partisipasi


Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2001. Pemberdayaan, Pengambangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar Pada Pemikiran Dan Pendekatan Praktis). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia. Bandung.

Agus Riyadi, Fifin. 2003. Efektifitas Kegiatan Karang Taruna Dalam Kaderisasi Kepemimpinan Di Desa Kwadungan Gunung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. (tidak diterbitkan)

Chandra, Teddy. 2011. Skripsi. Pemberdayaan Pemuda Pengangguran Melalui Usaha Industri Kecil Kerajinan Sarung Tenun. (Studi pada Pengrajin Tenun di Kelurahan Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang). (tidak diterbitkan)

Hilda, Ismay. 2011. Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Generasi. Tesis.

Marimin, dan Nurul. 2010 Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok,IPB Press. Bogor.

Moerdiyanto. 2011. Pembangunan Kepemimpinan Pemuda Berwawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air. (tidak diterbitkan) Sastropoetro, Santoso R.A. 1988. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Alumni. Bandung.

Slamet, Y.1994. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. UNS Press. Surakarta.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Offset. Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Wenti. 2013. Ejournal Pemerintahan Integratif. Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung). (tidak diterbitkan)

Yusuf, Ilma Fatimah. 2010. Peran Pemuda Dalam Pengembangan Eduwisata Energi Terbarukan Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Keluarga. Jurnal Ketahanan Nasional UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.