KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BUKU POP UP DI SLB TUNAGRAHITA KABUPATEN CIREBON

Dina Pratiwi Dwi Santi, Herri Sulaiman, Maya Dewi Kurnia

Abstract


Guru-guru SLB Tunagrahita di kabupaten cirebon mulai terlihat kurang kreatif, padalah tuntutan pembelajaran di SLB memerlukan kreativitas. Sedangkan bentuk kreativitas guru dapat diwujudkan melalui cara menyajikan materi. Dikarenakan model penyajian materi yang disampaikan oleh guru dapat mempengaruhi keberhasilan belajar. Akibatnya, untuk mengatasi kondisi tersebut, dibuatlah media pembelajaran berupa buku pop up. Buku pop up merupakan buku tiga dimensi yang dikemas secara menarik dengan gambar-gambar. Sehingga pengabdian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan buku pop up dan peningkatan pengetahuan guru mengenai pedagogik dan media pembelajaran. Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pengabdian, diberikan tes pengetahuan pedagogik dan media pembelajaran di awal dan di akhir kegiatan, serta lembar observasi untuk mengukur aktivitas guru selama pembelajaran. Hasil yang didapat guru antusias memanfaatkan media buku pop up dalam kegiatan pembelajaran matematika dan terjadi peningkatan sebesar 22,88% untuk kemampuan pengetahuan pedagogik dan 18,84% untuk kemampuan pengetahuan media pembelajaran. Artinya, pengabdian yang dilakukan dapat dikatakan berhasil. Dengan demikian, hasil pengabdian dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, khususnya guru-guru SLB.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.