CAPAIAN INDEKS PEMBERDAYAAN GENDER KABUPATEN BANYUMAS PASCA MDGs DALAM PERSPEKTIF REGIONAL DAN NASIONAL

Soetji Lestari, Sofa Marwah, Oktafiani Catur Pratiwi

Abstract


Hasil analisis awal menunjukkan bahwa Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Kabupaten Banyumas pada akhir program MDGs tahun 2015 berada pada posisi di bawah capaian angka regional Jawa Tengah dan Nasional. Untuk itu makalah ini bertujuan untuk mengkaji capaian IPG di Kabupaten Banyumas pasca program MDGs, sejauh mana terjadi perubahan posisi baik itu pada tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Kajian didasarkan pada analisis data sekunder yang bersumber dari buku “Pembangunan Manusia Berbasis Gender Tahun 2018” yang diterbitkan oleh KPPPA dan BPS. Hasil analisis memperlihatkan bahwa IDG di Kabupaten Banyumas pasca MDGs justru mengalami penurunan dari 67,37 (tahun 2015) menjadi 67,32 (tahun 2017). Meskipun angka penurunan tidak terlalu signifikan, namun pada periode yang sama capaian IDG di tingkat provinsi dan nasional mengalami kenaikan yang signifikan. Rendahnya IDG di Kabupaten Banyumas masih disumbangkan oleh semua komponen indikator IDG, yakni perempuan yang duduk di lembaga legislatif, perempuan yang menjadi manajer, dan sumbangan perempuan dalam pendapatan rumah tangga. Pemilihan anggota legislatif di Kabupaten Banyumas 2019 yang menghasilkan kenaikan anggota legislatif perempuan merupakan tantangan tersendiri untuk meningkatkan capaian IDG di Kabupaten Banyumas baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Kata Kunci : Indeks Pemberdayaan Gender, Ketimpangan Gender


Full Text:

PDF

References


Alfana, Muhammad Arif Fahrudin; Desta Fauzan A., Warastri Laksmiasri, Ayu Rahmaningtyas. 2015. “Dinamika Pembangunan Manusia Berbasis Gender di Indonesia” dalam Prosiding Seminar Nasional Geogragi UMS 2015, Surakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas, 2016. Banyumas Dalam Angka 2016, Purwokerto.

Badan Pusat Statistik. 2017. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2016, Jakarta.

Hubeis, Aida Vitayala S. 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa, IPB Press, Bogor.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik. 2016. Pembangunan Manusia Berbasis Gender 2016, Jakarta.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik. 2016. Pembangunan Manusia Berbasis Gender 2018, Jakarta.

Lestari, Soetji, Sofa Marwah, Oktafiani Catur P., 2017. “ Potret Pembangunan Manusia Berbasis Gender di Kabupaten Banyumas Tahun 2015”, Prosiding dalam Seminar Nasional dan Call Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII” 17-18 November 2017 di Purwokerto

UNDP. 2016. Human Development Report 2015 – Work for Human Development. http://hdr.undp.org/sites/default/files/2015_human_development_report.pdf diakses pada 2 November 2017 jam 08.02


Refbacks

  • There are currently no refbacks.