PROSES KOMUNIKASI KONSELING ANTARA KONSELOR DENGAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Fery Krustiono Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengkaji proses komunikasi konseling antara konselor dengan korban kekerasan dalam rumah tangga, kendala yang dihadapi, dan upaya-upaya yang dilakukan untuk menghadapi berbagai kendala dalam proses komunikasi konseling tersebut. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Korban Berbasis gender dan Anak (PPT-PKBGA) Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode kualitatif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari relawan pendamping korban kekerasan di Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Korban Berbasis gender dan Anak (PPT PKBGA) Kabupaten Banyumas, korban, orangtua korban, serta saksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara indept-interview, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan komunikasi konseling yang di lakukan oleh Pusat Pelayanan terpadu perlindungan Korban Berbasis Gender dan Anak yaitu melalui komunikasi antar pribadi. Komunikasi antar pribadi yang di lakukan secara verbal maupun non verbal, ,asil dari proses komunikasi ini biasanya menghasilkan: Pemahaman, pengaruh dan tindakan.

Kata kunci: Proses komunikasi konseling, korban kekerasan, kekerasan dalam rumah tangga


Full Text:

PDF

References


Nurhayati Eti. 2011. Bimbingan Koneling & Psikoterapi Inovatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Wulandari Laely, 2012. Kebijakan Penanganan Kekerasan Dalam rumah Tangga Melalui Mediasi Penal. Pusat Studi Gender. Purwokerto.

Adi, I.R. 2013. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat : Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Rajawali Pers. Jakarta

Miles MB, Huberman AM. 2007. Analisis Data Kualitatif. Rohidi TR, penerjemah. UI Press. Jakarta

Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikolog Umum. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2004 Tentang “Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.