KLINIK IPTEK MINA BISNIS:SEBUAH BUKTI IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN DI PROVINSI JAWA TENGAH

AGUS HADI PURWANTOMO

Abstract


Nelayan adalah suatu kelompok masyarakat yang kehidupannya tergantung langsung pada hasil laut, baik dengan cara melakukan penangkapan ataupun budidaya. Mereka pada umumnya tinggal di pinggir pantai, sebuah lingkungan pemukiman yang dekat dengan lokasi kegiatannya. Walaupun tidak ada data yang pasti, karena dalam sensus pekerjaan nelayan dimasukkan dalam kategori petani, namun diakui jumlah mereka cukup besar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis kegiatan KIMBis sebagai wadah pemberdayaan masyarakat nelayan di provinsi Jawa Tengah melalui beberapa pendekatan antara lain komunikasi, advokasi/ pendampingan, dan konsultasi, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya pelaksanaan program tersebut. Dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelembagaan KIMBis sebagai wadah pemberdayaan masyarakat nelayan melalui komunikasi, advokasi/pendampingan, dan konsultasi dan sampel diambil dari beberapa wilayah pesisir yang ada di jawa tengah  antara lain Cilacap, Kendal, Pekalongan dan Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa kegiatan KIMBis sejauh ini belum maksimal masih terdominasi pelatihan untuk masyarakat dan keterlibatan stakeholders dipahami tidak terjadi secara optimal. Beberapa capaian dari kegiatan ini, yaitu (a) Meningkatnya orientasi kewirausahaan dan (b) Kualitas sumberdaya manusia berkembang cukup baik.

Full Text:

1-8

References


Alfabeta. McNabb, D. E. 2002. Research Methods in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approaches.

Alfabeta. Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul anastesinya?. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi. (2002). Prosedur Penalitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta, Rineka Cipta.

Armonk, NY: M. E. Sharpe. Profil Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan tahun 2012. Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kemendagri. Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2009. Pedoman Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan. Jakarta : Dep PU.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2009. Pemberdayaan dan Kerelawanan. Jakarta : Dep PU.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2009. Pembangunan Partisipatif. Jakarta : Dep PU.

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPT.KKP). (2014). Kebijakan dan Program Pembangunan Perikanan Tangkap. Diakses melalui http:// http://www.djpt.kkp.go.id/index.php/arsip/c/253/kebijakan-dan-program-pembangunan-perikanantangkap/?category_id=14 [diakses pada tanggal 03 Mei 2014].

Durianto,Robert et.al,Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Klinik Iptek Mina Bisnis ( Studi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lamongan dan di desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ) Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 1, Hal. 22-28 |

Edi Suharto. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung.

Friedman, Jhon. (1992). Empowerment: The Politic of Alternative Development. Cambridge, Blackwell.

Gajanayake, S and Gajanayake, J. (1993). Community Empowerment: A Participatory Training Manual On Community Project Development. New York, PACT Publications.

Harsono, Boedi. (2006). Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta, Media Pustaka. Indonesia

Humaniora. Kusnadi. (2000). Nelayan Strategi Adaptasi dan Jaringan Sosial. Bandung.

Humaniora. M Jafar Hafsah. (2008). Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Bandung. Institut For Religious and Institutional Studies (iris) Press.

Kanisius Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Sumber Daya Di Wilayah Laut.

Kusnadi. (2003). Akar Kemiskinan Nelayan. Cetakan ke-3. Jakarta, Rineka Cipta. Mardikanto,

Kusnadi. (2006). Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung.

Loekman Soetrisno. 2005. Kemiskinan, Perempuan, dan Pemberdayaan. Yogjakarta :

Maritim Institut, 2010. Jakarta, (2010), Perspektif Pembangunan Negara Maritim Berbasis Kelautan dan Perikanan, Bengen. D.G. Jakarta. Kelautan dan Perikanan dalam Angka tahun 2013. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Prosiding Pelatihan Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu, 2001. Bogor, (2001), Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Strategi Pemberdayaan Mereka dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu, Nikijuluw. Bogor, PKSPL-IPB

Refika Aditama. Ginandjar Kartasasmita. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta. Pustaka Dicisendo. H a l a m a n | 27

Salim, E. (1984). Perencanaan Pembangunan dan Pemerataan Pendapatan. Jakarta, Yayasan Idayu.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Ketiga. Bandung.

Sumodiningrat, Gunawan. (1999). Pemberdayaan Masyarakat dan JPS. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Totok dan Soebiato, Poerwoko. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung.

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan.

Zulham, A. (2011). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Klinik IPTEK Mina Bisnis Dalam Mendukung Program Peningkatan Kehidupan Nelayan. Jakarta, BBPSEKP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.